Laman

Senin, 25 April 2011

Perbandingan harga tiket maskapai Garuda dan Maskapai Air Asia

Apakah anda sering naik Lion Air, Wings Air, Air Asia, Dirgantara Air Service, Travia Air dan Mandala Air ? Beruntunglah anda. Karena secara resmi ke 6 maskapai penerbangan tersebut telah mengindentifikasikan sebagai penerbangan berbiaya rendah ( low cost carier). Mungkin yang anda kenal cuma Lion Air, Wings Air, Air Asia dan Mandala Air. Untuk 2 lainnya mungkin anda baru tahu sekarang, seperti halnya saya. Tarif maksimal dari 6 maskapai penerbangan tersebut adalah 85% dari tarif jarak maksimum.
Hanya garuda Indonesia yang menetapkan dirinya sebagai maskapai yg memberlakukan full service, artinya dia bisa menjual tiket dengan harga 100% dari tarif jarak maksimum. Sebagai contoh, Garuda boleh menetapkan tarif kelas ekonomi Jakarta-Yogyakarta sebesar Rp 967.000,- sedangkan utk low cost carier (6 maskapai penerbangan di atas) tiket termahal hanya boleh dijual seharga Rp 821.950,-.
Selain full serice dan low cost carier, ada juga penerbangan yang berada dalam medium service. Artinya tarif maksimum yg diperbolehkan adalah 90% dari tarif jarak maksimum. Pada kelompok medium service ini diantaranya Batavia Air, Merpati, Sriwijaya Air, Trigana Air, Express air dan lain sebagainya.
Dengan adanya perbedaan seperti ini, tentu masyarakat disediakan banyak pilihan dan fasilitas/service yg tersedia juga tergantung dari apakah mereka masuk dalam kategori tarif rendah, sedang atau full. Semua terserah kita dan yg paling penting, boleh saja murah tapi tidak boleh murahan.
Memang, melakukan perbandingan harga itu sangat penting karena hal ini dapat dijadikan bahan pertimbangan yang baik. Selain itu, dengan melakukan perbandingan harga, anda bisa membuat suatu keputusan tepat di dalam menggunakan jasa angkutan udara. Dengan perbandingan harga yang baik dan benar, anda bisa memperoleh keuntungan ganda. Selain memperoleh harga tiket pesawat yang sesuai dengan kantong, anda juga bisa memperoleh jasa angkutan udara yang bagus. 
Berikut adalah perbandingan harga tiket maskapai garuda dan maskapai air asia


Daftar Harga Tiket Pesawat Garuda Indonesia 2011

From JAKARTA
Tujuan 
Harga mulai dari ( Rp)

tiket air asia
Ai
Air Asia


Pertama Air Asia 
Dilihat dari STP (segmentasi, targeting, positioning)
Dari segi Segmentasi 
Garuda lebih banyak yang memakai segmen menengah keatas sedangkan air asia segmen semua golongan bisa memakai jasa transportasi ini . Disini terlihat oleh fasilitas yg tersedia apabila kita memilih garuda tidak memberikan makanan, bahkan menjual makanan diatas sana. Itupun sangat mengurangi cost penjualan tiket dengan berjualan makanan seperti Pop Mie berkisar Rp. 15000. Ini cukup masuk akal. Kedua dalam dunia penerbangan diseluruh dunia kurang lebih 20% dari harga tiket adalah untuk membayar ticket book itu sendiri. P




Gambar2 diatas adalah gambar fasilitas first class Garuda Indonesia





Nah diatas adalah daftar nama-nama pesawat bintang 4 dunia, artinya Garuda Indonesia masuk


cara yang dilakukan maskapai air asia untuk melakukan penerbangan murah yaitu dengan berusaha menurunkan biaya seperti :

1.Meniadakan makanan dengan mengurangi harga tiket,namun apabila penumpang membutuhkannya bisa membelinya didalam pesawat
2.Menurunkan biaya gaji awak kabin
3.Air asia hanya terbang ke tempat-tempat yang dapat dicapai dalam 3 sampai 3,5 jam, agar mengurangi biaya pengisian fuel.
4.Pelanggan didorong untuk membeli tiket di internet untuk menghemat sewa tempat dan gaji karyawan.

Kebanyakan konsumen lebih memilih maskapai murah, dengan tidak terlalu memikirkan fasilitas tambahan, yang terpenting selamat sampai tujuan. Sehingga maskapai air asia salah satu maskapi tersibuk dalam penerbangan domestic .  karena itu maskapai air asia banyak digunakan oleh konsumen


Dari segi sisi Targeting Garuda mungkin cendrung yang memakai golongan menengah keatas dan air asia adalah golongan menengah kebawah. 
Dan dari segi positioning dua perusahaan maskapai ini memang memberikan jasa transportasi yang ditawarkan agar lebih memudahkan masyarakat untuk sampai ke tujuan mereka dengan cepat dan selamat.
Tapi untuk garuda fasilitas yang disediakan lebih banyak dan sedangkan air\asia fasiltas yang terbatas. Tapi semua itu balik lagi kepada konsumen karna selanjutnya terserah konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar